Sabtu, 18 Juli 2009

ayo belajar bikin game!!!!!!!!

Dah lama juga neh gw ga ngepost d blog... abis saking sibuk nya smpe lupa punya blog :D....
gw dah janji pngen buat tutorial tentang java, but gw blom siapin bahan nya ...hohohoho
coz, gw gy sbuk ma sp T_T, training pengajar d bncc + kegiatan baru gw, tidur...... hahahaaa
sory2 buat yg dah nunggu (d baca aja kaga neh blog T_T).....
sambil menunggu gw menyiapkan bahan buat tutor yg laen, neh gw ada sedikit kutipan tentang cara bkin game pong pake adobe flash. gw ambil neh tutorial dari majalah FILE keluaran BNCC (sory ya ga ijin dulu ambil artikel nya)....
ok deh kita lanjut k tutorial nya...

Langkah2 nya :
1. pertama yang harus lu lakukan adalah berdoa :D

2. lu msti dah instal software adobe flash cs 3 atau cs 4, coz tutorial ini menggunakan action script3.0 jadi ga bsa pake flash versi d bawah cs 3...

3. buka file flash nya dah pilih new file (jngan lupa pilih yg action script 3.0)

4. gw berharap di sini bagi pembaca udah pada ngerti cara menggunakan menu-menu yang ada di flash, coz susah klo gw msti jelasin cara nge-gambar d sini (gw aj kaga bsa gambar :nohope:)

5. lu buat design dasar buat game pong. gw kasih contoh neh gambar nya
Free Image Hosting at www.ImageShack.us

QuickPost Quickpost this image to Myspace, Digg, Facebook, and others!

sory neh gambar nya rada kecil, padahal gw dah edit d photosop, tapi pas gw uplod malah jadi kecil..

6. setelah lu buat design game nya seperti langkah sebelum nya, lu buat satu layer baru untuk kita bikin coding nya (dah mulai ribet neh :D)...

7. sebelum masuk k coding, kalian msti dah memberikan nama untuk setiap object yg dah di gambar, seperti gamar bola, kalian kasih instance name nya "BOLA".. ok
klo kurang ngerti, googling lage aja :D....

8. setelah kalian buat layar baru, tekan "F9", sehingga keluar sebuah teks editor untuk membuat coding game pong ini..

9. klo dah ke buka, copas (copy-paste) code d bawah ini ke editor teks tersebut

var jarakX:Number; -> untuk menentukan koordinat X
var jarakY:Number; -> untuk menentukan koordinat Y
var p1_naik:Boolean; -> untuk menentukan arah bola dari player 1 ke atas
var p1_turun:Boolean; -> untuk menentukan arah bola dari player 1 ke bawah
var p2_naik:Boolean; -> untuk menentukan arah bola dari player 2 ke atas
var p2_turun:Boolean; -> untuk menentukan arah bola dari player 2 ke bawah
var gerakPapan:Number; -> untuk menggerakan papan (yg warna hijau)

var speedBola:uint; -> untuk menggukur speed dari bola
var delay:Number; -> untuk memberikan jeda waktu
var menit:Number; -> menghitung menit

var skorP1:Number; -> untuk menampilkan nilai player 1
var skorP2:Number; -> untuk menampilkan nilai player 2

var waktu:Number; -> untuk menampilkan waktu
var detik:Number; -> menghitung detik
var level:Number; -> untuk menampilkan level

ini semua di nama kan variabel... klo ga ngerti, googling lage, jngan manja :D..

10. code ini untuk menggerakan bola dan mengecek apakah terjadi collision (tubrukan) antara bola dan papan

function gerak(){
bola.x += jarakX;
bola.y += jarakY;

if(bola.hitTestObject(batas_atas) == true ||
bola.hitTestObject(batas_bawah) == true){
jarakY = -jarakY;
}

if(bola.hitTestObject(papan1) == true ||
bola.hitTestObject(papan2) == true ){
jarakX = -jarakX;
}

if(bola.x<0>550){
cek();
jarakX = -jarakX;
jarakY = -jarakY;
bola.x = 275;
bola.y = 200;
}
}

11. code berikut ini untuk menggerakan papan player 1 dan player 2

function gerakP1(event:Event){
if(p1_naik && papan1.y-(papan1.height/2) > 42){
papan1.y -= gerakPapan;
}
if(p1_turun && papan1.y+(papan1.height/2) <400){ papan1.y += gerakPapan; } } untuk player 2 tinggal ganti aja variabel nya.. 12. code ini untuk menangkap tombol yang kita tekan pada saat main game ini function tekan(event:KeyboardEvent){ if(event.keyCode == 38){ // tombol atas p2_naik = true; } if(event.keyCode == 40){ // tombol bawah p2_turun = true; } if(event.keyCode == 87){ // tombol W p1_naik = true; } if(event.keyCode == 88){ // tombol X p1_turun = true; } } 13. ok dah selesai dah game nya, meskipun belum sempurna karena coding nya belum lengkap semua... hehehhehe, cukup sampai di atas aj, paling tidak alur logika nya sudah dapet kan (klo blom ngerti ma logika nya baca lage dari atas :D).... neh gw uplod file nya, gw cuma bkin yang sederhana aja. sedot gan

langkah terakhir
14. tuh kan baru jadi game nya, biar tambah keren tambahin aja animasi d awal n akhir nya, biar kya game-game ps tuh, pke logo sponsor gitu :D...hehehehe

semoga tutor neh bsa kalian pake...
doain gw jga, biar kesampean jadi game developer ok gan...
thanks dah baca tutor ini

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45

Posting Komentar