Senin, 25 Mei 2009

Bagi2 Ilmu dikit ^^

neh Postingan ke tiga gw (buset dah ko gw jadi rajin ngepost blog) hehehehe, biar mkin eksis neh blog, padahal di liat jga dikit ma orang... ckckckck.. gapa2 lah, biar kata yg ngeliat neh blog kaga ada, gw bkal tetep kekueh buat slalu posting d blog gw ini (klo bkan gw sape lage hahahaha)..

Dah bcanda nye, skarang gw mw ngeshare ilmu dikit neh tntang coding AS (actionScript), kan klo kita ingin buat 2 buah button yg ada action nya, maka kita harus membuat sebuah fungsi nya.
COntoh:
btnSubmit.addEventListener(MouseEvent.Click,DoAction);

function DoAction(e:MouseEvent){
gotoAndPlay("Frame 2");
}

nah klo kita pnya 2 button apa msti bkin 2 buah fungsi seperti :

btnSubmit.addEventListener(MouseEvent.Click,DoAction1);
btnCancel.addEventListener(MouseEvent.Click,DoAction2);

function DoAction1(e:MouseEvent){
gotoAndPlay("Frame 2");
}

function DoAction2(e:MouseEvent){
gotoAndPlay("Frame 1");
}

klo msalnya punya 100 button kita msti buat 100 fungsi donk (pusing ntar ^^) neh ada sdikit ilmu yg gw tau dari lab :

btnSubmit.addEventListener(MouseEvent.Click,DoAction);
btnCancel.addEventListener(MouseEvent.Click,DoAction);

function DoAction1(e:MouseEvent){
if( e.target == btnSubmit){
gotoAndPlay("Frame 2");
}
else if( e.target == btnCancel){
gotoAndPlay("Frame 1");
}
}

dengan cara di atas, kita bisa membuat satu fungsi untuk beberapa button. jngan lupa sintaks e.target == [namaButtonNya], itu untuk mengenali user mengklik button apa..

ok gitu aja dulu neh share ilmu nya.. nnti klo ada wktu lage gw mw share lage ilmu yg gw dpet
sharing knowledege will make you better ^^

mudah2an berguna, spesialy buat yg lage bkin proyek flash ^^

2 komentar:

  1. DEWA!!
    aku baru tau cara2 ini dewa!!

    wkwkwkwk!!!

    keep posting ya, man!

    BalasHapus
  2. merendah aje ente.. padahal kan di lab d ajarin tuh :41

    BalasHapus